8 Jun 2013

Idealis

Banyak percakapan yang sering kita dengar seperti, "Plis ga usah so idealis gitu deh!" Tapi ngerti ga sih apa itu idealis? Kadang orang menempatkan kata idealis pada kondisi dan kalimat yang salah.

Idealis adalah suatu ide yang diyakini atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu tersebut dan diaplikasikan dalam bentuk perilaku, sikap ataupun cara berpikir.


Quotes tentang idealis dari beberapa tokoh:

"Idealism is fine, but as if approaches reality, the costs become prohibitive." -William F. Buckley, Jr.

"I'm an Idealist. I don't know where I'm going but I'm on my way." - Carl Sandburg

"Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan." -Gie

"Idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki pemuda." -Tan Malaka


Tidak jarang idealis dianggap mengada-ngada bagi orang yang menganut pragmatisme. Di kehidupan yang sudah serba susah, idealis dianggap bodoh karena terlalu meyakini pada suatu hal yang belum tentu bertahan di dunia nyata.


Memang, orang yang idealis berani mengambil langkah yang tidak umum. Bisa jadi dengan tindakannya itu ia malah tersisihkan dari lingkungannya. Tapi ada satu hal yang ga semua orang sadar, sebenarnya setiap orang memiliki idealisme masing-masing. Setiap insan memiliki pola pikir dan cara pandang yang berbeda tentang sesuatu hal. Hanya saja, mungkin, untuk beberapa orang ide yang mereka anut harus terlaksana dan 'kurang' fleksibel dengan keadaan nyata.

Pada dasarnya idealis adalah perubahan. Untuk melakukan perubahan perlu adanya keberanian, dan keberanian untuk melakukan perubahan merupakan implementasi nyata dari idealisme.

Julius Caesar
Banyak pemimpin yang merupakan idealis seperti Mahatma Gandhi, Mother Teressa, Aung an su kyi, Che Guevara, Soekarno, Julius Caesar, Socrates. Karena menjadi pemimpin perlu memegang teguh sebuah pendirian. Maka pemimpin besar dunia manapun pada awalnya pasti memiliki idealisme.

Ada yang pernah bilang, "if you don't stand for something, you'd fall for everything."

Jadi, ubahlah paradigma pembaca tentang idealis karena idealis bukanlah sebuah keburukan. Idealist isn't about ugliness, It's about change.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"We are what we repeatedly do" Aristoteles

.