20 Apr 2013

Insomnia

No doubt pasti banyak yang pernah merasakan susah tidur dan akhirnya mencari kegiatan seperti ngemil atau online. Banyak pula mereka yang susah tidur mengklaim bahwa dirinya terkena insomnia. So what is it? Insomnia adalah keadaan dimana seseorang sulit untuk tidur secara terus menerus.



Idealnya manusia tidur selama 7 jam. Tapi bukan berarti kalian bisa tidur jam 3 subuh dan bangun jam 10 pagi. Selama tidur, tubuh manusia melakukan hal-hal yang hanya bisa dilakukan pada jam tertentu, yaitu jam 10 malam hingga jam 5 pagi. Contohnya Hormon Melatonin, hormon ini diproduksi antara jam 10 malam sampai jam 2 subuh dan saat tidur keadaan lingkungan harus gelap. Ada juga Hormon Kortisol diproduksi pada waktu menjelang pagi/subuh. Pada pagi hari level hormon kortisol tinggi sehingga pagi hari kita merasa penuh semangat dan pada malam hari sudah berkurang sehingga kita merasa ngantuk pada malam hari.


Berikut gejala insomnia:
  1. Sukar untuk memulai tidur dan lama tidak bisa memejamkan mata.
  2. Mudah tertidur tetapi bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur kembali.
  3. Sering terbangun di tengah malam sehingga sering mengantuk di siang hari.
Lalu apa yang menyebabkan insomnia? Insomnia disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena tuntutan kerjaan, harus mengerjakan tugas, atau kegiatan rutin lainnya yang akhirnya menyebabkan kesulitan untuk tidur. But most of all, penyebab insomnia yang paling tinggi adalah stres. Stres dapat mengaktifkan hormon stres pada otak, sehingga otak menolak untuk tidur.


Tapi banyak yang menyepelekan gangguan insomnia, padahal insomnia bisa berujung kematian. Woh serem ya, bukan cuman itu, resiko terkena penyakit berat seperti stroke, jantung, dan diabetes lebih besar dari orang yang tidak terkena insomnia. Insomnia juga bisa mengganggu kerja otak, seperti sulit mengingat sesuatu, menurunnya kemampuan analisa, dll. Dengan kata lain, insomnia bisa menyebabkan penurunan kecerdasan.


Namun, taukah kalian kalo manusia yang hidup di era modern mengalami penurunan jam tidur 20% dari manusia seabad yang lalu. Di era modern terdapat banyak gadget, manusia mengalami perubahan pola hidup. Mereka terlalu asyik dengan dunia virtual sehingga lupa waktu dan kekurangan jam tidur. Bener kan? Gotcha!


Lalu apa yang perlu dilakukan untuk menyembuhkan penyakit susah tidur (insomnia)?
Penting sekali pada waktu sebelum tidur tidak melakukan kegiatan yang menyangkut gadget, karena studi penelitian telah membuktikan bahwa melakukan kegiatan dengan gadget seperti HP atau penggunaan internet akan menyebabkan susah tidur.


Matikan lampu di kamar tidur karena ada beberapa hormon yang hanya bisa dihasilkan dalam keadaan gelap.
Jangan menyalakan TV atau mendengarkan lagu saat tidur karena otak akan terus bekerja disaat seharusnya otak beristirahat, coba kalo TV dinyalakan atau mendengarkan lagu, organ pendengaran dan penglihatan akan terus mengirim informasi ke otak, ya kan?
Lakukan terapi relaksasi dan olahraga rutin.
Makanan sehat seperti kacang almond, pisang, susu, telur, dan ikan akan membantu pencegahan insomnia.

So, guys, don't let insomnia kills you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"We are what we repeatedly do" Aristoteles

.