3 Feb 2013

Announcer

Kata bahasa inggris ini artinya penyiar. Penyiar menurut kamus bahasa indonesia adalah 1) orang yang menyiarkan 2) penyeru pada radio 3) pemancar 4) penerbit. Tapi umumnya orang menganggap announcer sebagai penyiar radio atau pembawa acara.

Penyiar Radio

Banyak yang bilang kalau penyiar kerjanya cuman ngomong, kalo ada yang cerewet pasti dtimpalin gini "udah deh lo jadi penyiar aja, banyak omong sih lo". Hapus anggapan itu dari pikiran kalian semua karena itu salah besar!



Penyiar bukan cuman sekedar ngomong di depan mikrofon terus diselingi sama lagu-lagu buat nemenin pendengarnya yang lagi di mobil. Hal yang dilakukan penyiar sebenernya berat, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan rasa grogi. Lo cobain aja baca cerita di depan kelas, kadang saking nervous-nya suara lo jadi ga kedengeran dan intonasinya jadi kacau. Susah kan? Belum lagi kerjaan mereka harus terus ngomong, bener ngomong terus tapi harus yang berbobot. Ya kali burung beo juga bisa kalo cuma ngomong.

Pembawa Acara

Biasa disebut juga MC atau Master of ceremony. Tugasnya memimpin dan mengarahkan suatu kegiatan acara, baik itu informal maupun formal.


Butuh kemampuan berbicara yang baik dan benar serta berani tampil di depan banyak orang. Susah juga menjadi MC karena mereka yang menentukan acaranya sukses atau engga. Kalo acaranya ngebosenin tapi MC nya ngeasikin, audience pun bakalan betah ada di acara tersebut. Mereka akan pay attetion sama apa yang MC omongin. Sering berlatih dan terus menambah jam terbang sangat disarankan.


Nah dari dua announcer ini ada banyak kesamaannya, tapi ga sedikit juga perbedaannya. Contohnya, penyiar radio emang cuman bisa didenger sama si pendengar. Tapi penyiar radio harus punya skill untuk membuat apa yang disampaikannya mampu terdeskripsi dengan baik melalui tutur katanya yang rapi dan benar. Sedangkan pembawa acara atau MC harus bisa menyeimbangkan antara penampilannya dan pembicaraannya.

Segitu aja dulu ya, berminat ga nih jadi announcer? Seru loh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"We are what we repeatedly do" Aristoteles

.