3 Feb 2013

Backpackers

Duh udah lama juga ya ga posting, apalagi bulan januari 0 besarrr. Kayanya we don't have to discuss about it deh ya.

Langsung aja.
Pasti pada sering denger dong apa itu backpackers. Backpackers kalo diartiin ke bahasa indonesia ga ada artinya. Adanya juga backpack yang artinya ransel. Kalo ditambah er yang jago bahasa inggris tau deh, artinya pelaku dari kata benda itu sendiri. Jadi kesimpulannya backpackers adalah orang-orang yang membawa ransel.

Tapi terlalu dangkal rasanya kalo ngeartiinnya kaya gitu. Backpackers tuh sebenernya orang-orang yang suka travelling dengan membawa ransel (bener kan!) besar dengan biaya seminim mungkin.




kalo terlalu besar, bisa juga pake yang kaya gini


Para backpackers didominasi oleh usia remaja, tapi ga menutup kemungkinan buat yang lebih muda atau tua untuk menikmati kegiatan backpacking ini. Ga sedikit remaja Indonesia yang seneng backpacking, biasanya sih anak SMA atau mahasiswa. Komunitas atau forum backpacking Indonesia juga udah banyak, website dan blog tentang perkumpulan backpackers seperti www.backpackerindonesia.com atau www.backpackersindonesia.com.

Buat kalian yang mau backpacker-an sama temen-temen tapi ga punya pengalaman bisa aja sih, ga harus ikutan komunitasnya dulu. Dengan cara melakukan review terlebih dahulu dari blog-blog backpackers berpengalaman. Bisa cek twitternya juga biar gampang, seperti @backpackerindo atau @TravelersIndo atau akun twitter lainnya.

Where do backpackers usually go to? Pantai! Umumnya anak sekarang pada seneng backpacking ke pantai, tapi ga harus pantai juga sih. Bisa aja gunung, kaya di film 5 cm itu loh, udah nonton? Belum? Pasti jomblo ya! hahaha.

Buat referensi aja, nih tempat-tempat yang biasa jadi tujuan backpackers:

1. Jogjakarta


2. Bali


3. Bromo


4. Mahameru


5. Lombok



Seperti yang disebutkan sebelumnya, backpacking merupakan kegiatan berwisata dengan biaya seminim mungkin. Bukan cuman itu, backpackers juga pantang menggunakan jasa travel. Mereka menyiapkan segalanya sendiri, mandiri. Udah sesuai pokoknya sama profile jomblo hehehe.

Apa aja sih yang perlu disiapkan? Ini dia.

1. Transportasi
Biar seru kebanyakan orang memakai kereta api, kelas ekonomi tentunya mengingat biaya yang dikeluarkan harus sangat dipress. Sangat jarang backpacking menggunakan kendaraan pribadi, ya it seems odd lah kalo backpacking pake kendaraan pribadi, terkesan mewah.

2. Penginapan
Buat backpackers bisa aja nginep di mesjid atau di tempat umum lainnya. Hanya demi kenyamaan dan keamaanan, pilihlah motel atau wisma. Lebih baik booking terlebih dahulu dengan mencari informasi motel/wisma murah di internet atau media lainnya.

3. Pengetahuan tentang tempat yang dituju
Supaya perjalanan ga sia-sia, ber-googling dahulu tentang tempat yang dituju. Baik itu tentang makanan, pantangan, tempat wisata, semuanya deh. Biar kalo udah nyampe sana ga kebingungan dan udah ada pedoman tentang tempat tersebut.

Backpacking ternyata seru ya! Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini, seperti kemandirian, kerjasama, pengetahuan, pengalaman. Buat yang berminat bisa langsung dicoba sama temen-temen tercinta atau sama keluarga juga boyeh. Be safe!

2 komentar:

  1. Seandainya study tour pake tarif backpackers Bel. Abis kemahalan. Hehehehehe curhat deh.

    BalasHapus

"We are what we repeatedly do" Aristoteles

.