20 Okt 2012

Aurora Borealis

Aurora Borealis itu apa sih? Aurora tuh fenomena alam yang mirip pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet akibat dari interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari. Nahloh, ngerti ngga?


Di planet tempat kita berpijak ini ada juga Aurora, adanya sih di daerah kutub utara dan kutub selatan, namanya juga medan magnet. Aurora yang terjadi di Kutub Utara dinamakan Aurora Borealis. Aurora berasal dari nama Dewi Fajar Romawi, sedangkan Borealis adalah nama Yunani untuk angin utara, Boreas.


Pada zaman dahulu Aurora membuat bingung orang-orang. Karena ketidaktahuan mereka, banyak spekulasi yang berkembang. Salah satunya; cahaya tersebut adalah roh-roh orang yang sudah meninggal.



Dari spekulasi tersebut, terinspirasilah Walt Disney Picture dan mengembangkannya menjadi sebuah film animasi series, yaitu Brother Bear. Udah nonton belum? Brother Bear ini berkisah tentang seorang remaja Inuit yang berusaha mengejar seekor beruang yang telah membunuh kakaknya. Sampai pada akhirnya remaja tersebut berhadapan dengan si beruang di puncak gunung yang sangat tinggi. Ia akhirnya berhasil membunuh si beruang. Lalu, muncullah Aurora Borealis yang dianggap sebagai roh-roh orang yang sudah meninggal. Roh sang kakak pun muncul lalu mengubah adiknya menjadi seekor beruang.


Aurora Borealis bisa dilihat di sekitaran Eropa. Penampakan Aurora Borealis terbaik adanya di Alaska, Kanada, finlandia, Norwegia, dan Islandia.


Ke-5 negara tersebut menjadikan fenomena ini sebagai keuntungan investasi. Banyak yang mendirikan hotel dan panduan tur pada spot-spot tertentu yang memang menjadi tempat terbaik untuk melihat Si Borealis ini. 


Tidak setiap saat kita bisa melihat Borealis. Seperti di Alaska, di sini Aurora akan tampak jelas pada bulan Maret, di Kanada sendiri Aurora sering muncul pada periode Agustus-April. Dan kalau mau ber-tahun baru dengan tontonan aksi Aurora Borealis menari di atas awan, dateng aja ke Tromsoe, Norwegia. Don't forget to bring your jackets ya! Hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"We are what we repeatedly do" Aristoteles

.