31 Okt 2012

Halloween

Halloween adalah perayaan di Amerika oleh anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" yang artinya "Beri kami permen atau dijahili!".

Halloween di dunia modern sekarang, kostum yang ada bukan lagi kostum seram, tapi berbagai kostum unik mulai dari binatang sampai tokoh superhero atau bahkan tokoh kartun.

Halloween terinspirasi dari perayaan bangsa Galia kuno yang disebut Samhain, yang secara kasar berarti “Akhir Musim Panas”.


Perayaan ini dipercaya sebagai berakhirnya musim semi & musim panas dan dimulainya musim gugur & musim dingin. Bangsa Galia kuno percaya bahwa pada tanggal 31 Oktober batas dunia nyata dan dunia ghaib sangat tipis. Sehingga para iblis bisa dengan mudah memasuki dunia nyata.



Pada perayaan Samhain, biasanya pada penduduk Galia kuno akan mengadakan perayaan besar bagi nenek moyang mereka yang sudah lama meninggal dan “mengundang” mereka untuk duduk makan bersama agar berdamai dan tidak mengganggu dunia nyata.

Usaha lain untuk mengusir para iblis dan tidak menggagalkan panen mereka, maka para penduduk akan menggunakan topeng dengan wajah buruk atau berdandan menyerupai iblis. Sehingga para iblis tadi menganggap bahwa mereka tidak seharusnya diganggu dan membiarkan perayaan berjalan dengan meriah.


Dari tradisi dan kepercayaan inilah tradisi mengenakan kostum berkembang sampai sekarang.

Selain itu, simbol Halloween yang sudah terkenal adalah buah labu yang diukir membentuk wajah menyeramkan. Biasanya disebut dengan Jack-o’-lantern. Di dalam Jack-o’-lantern diletakkan lilin yang menyala atau lampu agar terlihat lebih seram jika di tempat gelap. Di Amerika, Jack-o’-lantern biasanya diletakkan di depan pintu masuk rumah jika hari sudah mulai gelap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"We are what we repeatedly do" Aristoteles

.